Thursday, 26 January 2012

=JUST SHARE= TUTORIAL CARA MEMBUAT WEIBO DAN CARA MENGGUNAKANNYA ( PART 1 )

WEIBO, apa sih ?

Weibo itu adalah situs microblogging China. Mirip twitter, tapi lebih kompleks dan lengkap. Sebenernya gampang cara pakenya, cuma teman - teman saya banyak yang komplain kalo bingung dengan hanzi ( huruf China ). Sedikit cerita, dulu saya pun berkali kali ngebuat weibo, awalnya sempat menyerah karena hanzi itu. Saya sama sekali nggak ada basic China, hanzi pun nggak ngerti. Tapi rasa penasaran emang mengalahkan segalanya. Saya pun juga dibantu teman dengan secara tidak langsung, lewat sms dan facebook saat itu, sampai akhirnya saya melanglang buana sendiri nge-weibo dan alhamdulillah bisa sampai sekarang walau cuma sebatas yang saya ingin tahu.
Weibo itu nggak ada bedanya sama twitter, kalo di twitter ada istilah RT, di weibo pake istilah FORWARD. Uniknya, ada pula fasilitas komen disitu. Jadi menurut saya, weibo sekarang ini adalah gabungan dari Twitter & Facebook.

Nggak cuma artis - artis Mandarin aja yang punya weibo, artis artis luar negeri pun banyak yang punya akun weibo, termasuk artis Korea dan Jepang juga ada yang punya. Walo weibo identik dengan China, Mandarin, Taiwan, mungkin anggapan itu nggak berlaku lagi sekarang.


Dan okee, capcus ! Saya mau sedikit berbagi ilmu dengan kalian yang masih bingung pake weibo. Sedikit merinci dari cara daftarnya sampe fasilitas dan gimana cara menggunakannya. READY ? LET'S SEE !!

CARA DAFTAR WEIBO


1. Langkah awal pastinya kamu harus masuk ke weibo.com dulu dong. Enaknya kalo kamu pake browser Google Chrome, di sana bakal ada fasilitas otomatis buat menerjemahkan hanzi ke bahasa yang kamu pengen. Tapi jujur aja saya kurang suka pake fasilitas itu, ribet sendiri jadinya dan translate nya juga membingungkan. Lebih enak pake Google Translate manual, artikan perkata ato kalimat :)


2. Oke, kita daftar sekarang



3. Abis diisi, lanjut dah ke kotak dialog ini




BEBERAPA FASILITAS DI WEIBO

OKEE, weibo kamu udah jadi sekarang. Nah mungkin inilah awal permasalahannya. Banyak saya denger
"Aku udah bikin, tapi bingung cara pakenya"

Yuhuu, sebelum pake kita kenalan dulu fasilitas apa aja yang disediain weibo buat kita melanglang buana nanti :D

1. Abis login ke weibo ( ini bagi yang baru ) mungkin bakal ada tampilan kayak gini


2. Cara bikin status, ngubah avatar / poto profil, tempat following dan followers

- Bikin status/tweet/weibo

                            


- Smiley, upload gambar, upload video




- Tempat following, followers, dan jumlah tweet kita






- Sekarang gimana caranya ganti avatar / poto profil kamu di weibo ya ? Pertama kamu klik icon tempat setting akun weibo yang udah saya gambarin di atas, terus liat display dibawah ini



Dan jeeeng jeengg jeengg .. Avamu pun sudah berubah. Oh oh, asik nggak pake weibo ?? Hmmm .. butuh tutorial selanjutnya ? Oke, tunggu part 2 nya ya !! ^o^
Di part 2 bakal di bahas gimana cara nge follow akun dan juga ngeliat tanda tanda akun official artis dan grup :) Waiting ya guys ..

p.s : kalo gambar kurang gede, tinggal di klik individual yah :)

50 comments:

  1. itu kn http://weibo.com/xxxx
    cara ganti xxxx nya gmna ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dibaca disini : http://zhlovers.blogspot.com/2012/01/just-share-bonus-tutorial-weibo-ing.html :))

      Delete
  2. thnx buat tutorialnya, akhr ny sya menemukan akun weibo resmi ny Han ge dan suang :)
    btw, sya juga p'cinta han shuang loh, hehehe ya smnjak nntn Meteor shower. pgen deh knalan ma kamu :) kontak2 yuk
    q g ad tmen yg suka ma china drama sih T.T
    add q d greensemanggi@gmail.com ya... pgen sharing2 ma kamu tw g follow tweet q ya @dewijae23
    d tnggu ya!

    ReplyDelete
  3. apa bedanya dengan www.xiaoyuan.weibo.com ??
    pas mau add teman..kenapa muncul form 'tidak ada link invitation' ?
    saya sudah punya akun weibo tapi saya ingin memakai tampilan di xiaoyuan.weibo :o mohon pencerahannya..trimakasih :))

    ReplyDelete
    Replies
    1. maaf nadia, saya baru tau kalo ada xiaoyuan.weibo .. jadi saya nggak bisa ngasih penjelasan :( maaf ya

      Delete
    2. tidak apa2,terima kasih penjelasannya cukup membantu..ternyata sama saja,hanya tampilan yg diperbarui :)

      Delete
  4. saya coba registrasi di weibo kenapa berbeda ya dan saya emngalami kesulitan nih.....
    tiba2 ada masalah saat sudah registrasi dan dapat balasan email.,..email itu aku klik tapi tetap tidak bisa......kenapa??bisa minta bnatuan tutorialnya yang baru untuk sing up di weibo yang terbaru

    ReplyDelete
    Replies
    1. sudah saya buatkan tutorial yang baru, silahkan cek di http://zhlovers.blogspot.com/2013/02/just-share-new-tutorial-membuat-weibo.html yah :)

      Delete
  5. aku udah buat weibo tapi ngga bisa terus pas disuruh isi interest nya itu,ngga bisa masuk ke micrplogging :( itu kenapa ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. interestnya coba di centang :) penjelasan lengkapnya disini ya --> http://zhlovers.blogspot.com/2013/02/just-share-new-tutorial-membuat-weibo.html

      Delete
  6. ko di aku harus masukin nomer telpon :( bantuin bikinin dong :(((

    ReplyDelete
    Replies
    1. jangan pilih yg bwt no telp. ,plih yg bwt msuk'in e-mailx aja klik yg wrna bru d bawah no telp

      Delete
    2. coba cek di tutorial yang baru saya buat ini, mungkin bisa bantu salma nyelesein masalah no telp :D http://zhlovers.blogspot.com/2013/02/just-share-new-tutorial-membuat-weibo.html

      Delete
    3. Weibo 2014 skarang emang gitu. Disuruh verifikasi nomor telpon wlaupun dftarx dri email. Kmren akun weibo saya smpat terkunci krna harus mmverifikasi. Akhirnya bsa stelah sya mnta bntuan dri slah stu tman fb sya yg brda di malaysia. Klau klian punya tmen dri negeri ttga, pnjem aja nox buat verifikasi akun kalian.. Terimakasih :)

      #Fighting

      Delete
  7. Bisa gila bikin weibo ! unfreeze teruuus ap yg harus aku lakukaaan ? :'(

    ReplyDelete
  8. ko Unfreeze trus ya..??
    saya dah pke 3 email loh..
    tapi hasil nya tetep..
    unfreeze..
    -_-"

    ReplyDelete
  9. aku udah buat dan pas aku buka ,aku harus masukin nomer hp asli cini.
    gimana nihh... :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya udah buat tutorial weibo yang baru. sialhkan di cek dan semoga sekalian ngasih solusi buat masalah km :) http://zhlovers.blogspot.com/2013/02/just-share-new-tutorial-membuat-weibo.html

      Delete
  10. min,bisa tolong aku gak ??
    aku kan udah selesai bikin weibonya .. trus ada bacaan gini : "Sesuai dengan undang-undang dan peraturan nasional, sebelum penerapan audit, Anda juga perlu sertifikasi oleh Organisasi Kode National Management Center:" terus kan ada kotak hijau.nah aku klik ... terus suruh ngisi kaya data gitu ... itu ngisinya gimana yah ?? please bantu aku yah min

    ReplyDelete
  11. bales y
    kalo mesti ngisi kode organisasi gitu gmn coba ==

    ReplyDelete
  12. saya ko' masukin nomer tlpon.a gabisa mulu sih -_-

    ReplyDelete
  13. bikinin saya weibo dong min :(

    ReplyDelete
  14. saya juga mengalami kendala nih....udah terdaftar tapi kok ada form yang harus diisi ya??pertanyaan2 nya itu tentang hukum n no registrasi yang harus dimasukan...knp ya?? bingung...

    ReplyDelete
  15. follow yah http://weibo.com/AnjaniSyaf22

    ReplyDelete
  16. teman2... ad yg bsa bantu ga ngisi kode organisasi di weibo???
    ap yg mesti di isi???
    min n temen2 tlg ya... T_T

    ReplyDelete
  17. klo cara unfollow seseorang bagaimana?????

    ReplyDelete
    Replies
    1. kamu tinggal ke akun orang itu dan klik lagi dibagian buat ngefollownya :)

      Delete
  18. Admin... Sangat2 meMbantu. :D
    Terima kasih banyak. :D

    ReplyDelete
  19. kode organisasi??? berapa?? dan apa ?? help min :( gak mulus ini loginnya :(

    ReplyDelete
  20. Temen2 semua, terimakasih ya atas perhatiannya u/ blog saya :D Saya seneng banyak yg minat sama weibo, tapi saya juga kaget kok pertanyaan nya bikin saya juga bingung. Hehe. Gini aja, saya ngebuat tutorial ini taun 2012, nah sedangkan kalian2 banyak yang bikin weibo di awal 2013 yang versinya udah diperbaharui, dan mungkin emang cara registrasinya beda. Jadi, saya mau coba buat weibo versi 2013 ini lagi, selanjutnya saya akan share tutorialnya dan coba menjawab pertanyaan kalian. Sejujurnya emang saya nggak pernah ada masukin kode organisasi seperti yang kalian alami karna saya buat weibo sejak tahun 2011. Tapi saya mau coba bantu kalian semampu saya.

    Gimana? Setuju nggak?
    Kalo misal ada pertanyaan lagi, ato mau sharing sama saya, bisa follow twitter saya @intafreezyme. Saya on dan cek terus mention yang masuk setiap hari :) Trims

    ReplyDelete
  21. Semuanaya bisa ngeliat postingan terbaru saya --> http://zhlovers.blogspot.com/2013/02/just-share-new-tutorial-membuat-weibo.html silahkan :)

    ReplyDelete
  22. sudah aku isi formulirnya tapi pas klik warna hijaunya ngak bisa

    ReplyDelete
  23. gagal mulu.
    kolom e-mail terus loading

    ReplyDelete
  24. sekarang emg harus pake no hp ya, udh gak bisa daftar

    ReplyDelete
  25. bagaimana caranya kalau harus memasukkan nomor telepon daerah chinanya ?? saya butuh banget weibonya. Please dibantu ya..

    ReplyDelete
  26. saya sudah buat, tapi kok pas saya buka di email saya tampilannya luar weibo jadi kyk ga masuk gitu . gimana ya? saya udah buat sampe 5x . tapi saya ga mau nyerah demi bias ! tampilan 2013 beda banget sama yang author kasih tau .

    ReplyDelete
  27. kalo di weibo ada permintaan "aktivasi" itu maksudnya apa?

    ReplyDelete
  28. tanya dong, gimana caranya upload foto di weibo tanpa muncul tag username kita dibawah foto (kayak fansite2 yang ada di weibo, mereka tiap nge-upload foto nggak pernah ada tag di bawahnya) gimana ya? :3 thanks ^^

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba di setting sayang ^^ agak ribet ngejelasinnya.. bisa diilangin dengan cara unchecklist..

      Delete
  29. Kalo cara nge hapus status di weibo gimana,tulisan di bawah status aku klik,kok gk bisa aku hapus tweetnya,pas aku translate gk ada kata 'hapus'

    ReplyDelete
    Replies
    1. sorot di pojok kanan atas, ada tanda silang, klik aja. itu nge delete.

      Delete
  30. Ngubah profile Ava weibo via phone mobile dimana si?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa baca disini ^o^ >> http://zhlovers.blogspot.com/2013/12/just-share-tutorial-mengganti-avatar.html#more .....

      Delete
  31. ada gak cara buat weibo tahun 2014?

    ReplyDelete
  32. Numpang share yah min :)

    Follow me on weibo @FarizyBlossom

    ReplyDelete
  33. harus masukin nomor telpon china :(

    ReplyDelete

Please, leave your comment here